Menghapus Virus Pada Flashdisk Menggunakan Command Prompt

Cara Menghapus Virus – Virus Komputer adalah program berbahaya yang dirancang untuk menyusup dan kemudian merusak sistem komputer yang ada di komputer kita. Virus dapat mereplikasi diri dalam sistem Operasi, atau memberikan peluang  virus lainnya untuk masuk dengan memanfaatkan celah keamanan di sistem yang ada dalam komputer kita.
Virus juga dapat menginfeksi perangkat seperti flash disk . Hal ini dapat terjadi jika kita mendownload  file yang ternyata berisi virus atau bisa saja flashdisk kita tertular dari hardisk yang telah terinfeksi lebih awal. Kita bisa  menghapus file virus pada  flashdisk dengan menggunakan Windows “Command Prompt.” Berikut langkah-langkah cara menghapus virus dengan cammand promt:
  • Masukkan removable disk ke port USB komputer Anda.
  • Klik tombol “cancel” pada dialog box yang tampil untuk penawaran pembukaan folder atau jangan membuka flashdisk tersebut sama sekali.
  • Klik “Start” pada desktop dan klik tombol “Run.” ketik an”cmd” (tanpa tanda kutip) ke dalam kolom teks “Run” , kemudian tekan enter atau klik ok. Setelah itu akan tampil “Command Prompt.”
  • Ketik nama direktori flasdisk kita setelah itu tekan enter. Sebagai contoh  kita ketikkan “G:”, “F:”, dan lain sebagainya tergantung partisi di komputer kita.
  • Ketik “dir / w / a” tekan (tanpa tanda kutip) ke dalam “Command Prompt” dan “Enter.” Tunggulah sampai semua nama file tampil.
  • Cari virus dalam daftar file pada Tampilan tadi. Carilah file dengan nama seperti “Autorun.inf,” “Ravmon.exe,” “New Folder.exe,” “Svchost.exe” atau “Heap41a”, yang merupakan file virus.  Atau setiap file exe Yang mungkin mencurigakan file virus. Perogram exe adalah ekstensi dari aplikasi atau software. Bila kita tidak merasa menyimpan aplikasi dengan nama file yang berekstensi exe, maka file tersebut bisa kita curigai sebgai virus.
  • Nonaktifkan semua file  dengan mengetikkan “attrib -r -a -s -h *.*” (tanpa tanda kutip) ke dalam “Command Prompt” kemudian tekan  ”Enter.”
  • Sekarang kita hapus file yang mencurigakan tadi dengan cara  Ketik “del” (tanpa tanda kutip) diikuti oleh nama file pada “Command Prompt” , lalu tekan “Enter.” Contoh : “del namfile.exe”
  • Klik kanan ikon removable disk yang terletak di sudut kanan bawah dari desktop Anda dan pilih “Safely Remove Hardware.”
Selamat mencoba. Oh ya jangan lupa untuk menuliskan kode kode diatas dengan sangat teliti dan benar. Semoga kalian sukses mencoba cara menghapus virus pada flashdisc kalian

Komentar

Postingan Populer